Tempat Orak-Orek KuPer

December 24, 2007

Spiderman Cina ditangkap polisi..

Filed under: unik — Tags: , , — cuver @ 2:29 pm

Setelah ‘Spiderman Prancis’ ditangkap polisi Shanghai, Cina, kini giliran ‘Spiderman Cina’ yang masuk bui. Seperti pendahulunya, dia ditangkap gara-gara memanjat gedung pencakar langit tertinggi di Shanghai, Jin Mao Tower.

Demikian dilaporkan kantor berita Xinhua dan dilansir AFP, Kamis (2/8/2007).

Spiderman Cina itu memiliki nama keluarga Zou. Usahanya menaklukkan gedung setinggi 430 meter itu terinspirasi dari pemanjat Prancis bernama Alain Robert.

Robert yang dijuluki ‘Spiderman Prancis’ adalah pria yang telah menaklukkan gedung-gedung tertinggi di dunia tanpa mengenakan tali atau alat pengaman lainnya. Robert juga pernah memanjat Gedung Indosat di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, pada 25 Juli 2004.

Demi menyamai prestasi Robert, Zou yang merupakan pria pengangguran asal provinsi Hunan berusaha keras menaklukkan gedung bertingkat 88 itu.

Zou berhasil mencapai separuh ketinggian selama satu jam. Namun untuk mencapai puncak gedung, dia butuh waktu 5 jam. Lebih lambat setengah jam dari Robert yang memanjat gedung yang sama pada Mei 2004.

Nasib Zou tak jauh berbeda dengan Robert yang juga memanjat gedung itu tanpa izin. Jika Robert meringkuk 5 hari di penjara Shanghai, Zou juga masuk prodeo selama satu minggu.

Biro Keamanan Publik Kota Shanghai menyatakan hal itu sebagai hukuman bagi Zou yang ‘menyebabkan kemacetan lalu lintas dan menarik perhatian banyak orang untuk menonton aksinya, sehingga mengganggu aktivitas publik’.

Zou dan Robert sebenarnya tak sendiri dalam aksi serupa. Total sudah lima ‘Spiderman’ yang memanjat dinding Jin Mao Tower tanpa izin sejak 2001. Nasib mereka pun persis: ditangkap polisi.

credit @ panglima

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: