Tempat Orak-Orek KuPer

August 1, 2008

Gila, beli UPS, ternyata isinya batu bata!

Filed under: lain-lain — Tags: , , , , — cuver @ 9:42 am


Semakin ketatnya persaingan usaha, memunculkan ide kreatif seseorang agar mendapatkan uang sebanyak-banyaknya dengan cara apapun, termasuk dengan cara haram. Semakin banyak barang palsu atau ada yang menyebutnya ASPAL (Asli tapi Palsu), atau tembakan, bajakan, dll. Apapun namanya palsu tetaplah palsu.

Namun sekarang ternyata banyak beredar barang yang BENAR-BENAR Palsu. Bukan cuma merk yang dipalsukan. Namun Fungsi dari barang itu sendiri dipalsukan. Salah satu contoh yang paling sering dipalsukan adalah Stavolt dan UPS.

Stavolt, bertujuan menstabilkan tegangan listrik yang biasanya dipakai pada perangkat komputer desktop. Fungsinya tidak benar-benar dapat dilihat oleh orang awam, karena itulah barang yang satu ini paling sering dipalsukan. Stavolt palsu tidak ada komponen lain didalamnya, hanyalah berisi sambungan kabel dari line in ke line out dari PLN. Supaya tetap berat diberi setengah botol air mineral yang berisi semen cor.

Uninterruptible Power Supply (UPS), berfungsi sebagai batrai Komputer (PC). PC yang menggunakan UPS tidak akan langsung mati ketika listrik di rumah anda padam. Karena fungsinya mirip batrai. Jadi anda diberi kesempatan untuk menyimpan data dan mematikan PC dengan cara yang benar (Shut Down). Prinsip pemalsuan UPS hampir sama dengan Stavolt, namun pemberatnya UPS diisi dengan batu bata di dalamnya agar bebannya bertambah berat.

Dari pengalaman teman saya Kusaeni, Stavolt palsu yang dibelinya seharga 50 ribu, casingnya dipaku keling, padahal biasanya di rekatkan dengan sekrup atau mur-baut, dan setelah dibuka paksa, Masya Allah isinya cuma rangkaian 2 kabel dan setengah botol Mizone yang di di isi dengan semen cor.

Detailnya dari input PLN ke stavolt ada 2 kabel ( 1 phasa ), kabel netral ( 0 ) di baut ke casing ( body/ground ) dan yang satunya masuk ke dalam semen cor yang di bungkus dengan botol Mizone yang sudah dipotong setengah. Kemudian di outputnya langsung masuk steker ( stop kontak ) 1 phasa, yang biasa di hubungkan ke komputer.

Harga memang gak pernah bohong. Mau bagus koq minta murah. Murah boleh asal jangan murahan. >-

Semoga kisah dari kusaeni ini bisa menjadi pelajaran berharga untuk kita semua.

source: http://rosyidi.com/beli-stavolt-atau…nus-batu-bata/

2 Comments

  1. waduh yang ini namanya penipuan

    Comment by ario saja — August 3, 2008 @ 1:57 am

  2. Yup. Zaman edan gini emang harus hati2 dalam membeli barang.

    Terima kasih sudah menulis sourcenya🙂

    Comment by Rosyidi — August 24, 2008 @ 11:40 am


RSS feed for comments on this post.

Sorry, the comment form is closed at this time.

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: