Tempat Orak-Orek KuPer

August 29, 2008

Info utk Kerja di Singapore

Filed under: lain-lain — cuver @ 9:36 am

Kemaren saya berpikiran utk kerja di Singapore. Alasannya lebih ke kotanya yang jauh lebih baik dr Indo dimana hukum juga sangat tegas. Kebersihan kota bener2x diperhatikan. Bedain aja kalo di Indo kt keluar dijalanan dan plg lalu ambil tisue lap muka. Kotornya … Kalo di sana kita dah coba bersih. Krn tiap pagi jam 4 pagi jalanannya semua juga dicuci.

Bagi anda yang berpikiran sama berikut informasi yang saya rangkum :

CARA BEKERJA DI SINGAPORE

Ada 3 Pilihan :

1. Kuliah di Singapura. Setelah lulus dari universitas/politeknik, mereka akan diberi tawaran LPR (Landed Permanent Resident) dengan jangka waktu 1 tahun oleh pemerintah Singapura. Dengan LPR tersebut mereka diberi waktu untuk mendapatkan pekerjaan di Singapura. Setelah mendapatkan pekerjaan, LPR tersebut bisa diconvert langsung ke SPR (Singapore Permanent Resident).
2. Single fighter. Sebagai single fighter, kita bisa meng-apply pekerjaan-pekerjaan via internet. Biasanya akan lebih mudah bagi foreigner apabila dia adalah seorang professional yang mempunyai pengalaman beberapa tahun di bidangnya, seperti SAP Consultant, Oracle Consultant, CISCO Consultant, dsb. Untuk meng-apply pekerjaan online, kita juga sebaiknya memperhatikan criteria dari penawaran employer. Jika mereka menginginkan foreigner untuk meng-apply, maka peluang untuk dipanggil lebih besar. Dan biasanya employer akan mempersiapkan visa kerja, perijinan, dsb dan mau melakukan tele interview. Akan lebih baik lagi, jika rekan-rekan stay di Singapura, karena biasanya employer akan lebih suka untuk melakukan interview face to face dibandingkan tele interview.
3. Memperoleh terlebih dahulu LPR (Land Permanent Resisdance). Dengan memperoleh LPR, biasanya employer akan lebih mempertimbangkan calon employee dibandingkan status foreigner. Hal ini dikarenakan peraturan pemerintah untuk mengutamakan warga citizen dan PR. Karenanya bagi foreigner akan lebih baik jika mempunyai pengalaman / expert di bidangnya. Sedangkan bagi fresh graduate akan lebih baik jika mempunyai LPR.

BAGAIMANA MENGURUS LPR ? BERAPA BIAYA & APA SYARATNYA ?

Untuk mendapatkan LPR, ada beberapa agen di Indonesia yang bisa dihubungi, antara lain OCSC, EduLink, dan Vita Services Agency. Agen ini menawarkan pengurusan dokumen untuk apply LPR di Singapore.

Biayanya beragam untuk jasa servicenya, tapi rata-rata adalah $1500 untuk pengurusan dokumen. Biaya ini bisa refund, jika apply LPR tidak diterima. Besarnya biaya refund, tergantung pada masing-masing agen.

Selain biaya jasa pengurusan dokumen, juga terdapat biaya form LPRnya sendiri. Harganya sekitar S$800 untuk fresh graduate dan S$1500 untuk non fresh graduate, dan biaya ini tidak bersifat refundable. Beberapa agen menawarkan juga jasa pengurusan hingga peserta mendapatkan SPR. Biaya ini sekitar $1500, dan biasanya tidak bersifat refundable. Kurang Lebih ya $4000 biaya keseluruhan hingga LPR keluar.

Dokumen-dokumen yang dibutuhkan :
1. Ijazah dan transkrip nilai
2. Akte kelahiran
3. Kartu keluarga
4. Surat rekomendasi dari current employee (bagi yang sudah berpengalaman)
5. Passport, surat ganti nama (jika ada), dll.

Syarat-syarat untuk mendapatkan LPR adalah umur masih dibawah 45 tahun dan minimal lulusan S1 dari universitas yang mempunyai akreditasi A. Bagi lulusan dari bidang IT, akuntansi, engineering akan mempunyai peluang yang lebih baik dibanding lulusan dari bidang lain. Waktu pengurusan LPR antara 3 – 6 bulan.

LPR mempunyai masa berlaku, yaitu sekitar 1-2 tahun, tergantung perekonomian Singapura. Pada masa tersebut, applier harus bisa memperoleh pekerjaan di Singapura. Apabila masa berlaku habis dan applier belum mendapatkan pekerjaan, masa berlaku bisa diperpanjang dengan sebelumnya mengajukan permohonan perpanjangan masa berlaku. Jika tidak, maka LPR akan hangus. Dan untuk memperolehnya kembali, applier harus mengajukan dari awal.

Perlu diperhatikan juga, bahwa mendapatkan LPR tidak berarti adanya jaminan atau akan mempermudah untuk mendapatkan pekerjaan di Singapura. Umumnya perusahaan Singapura lebih suka dengan applier yang benar-benar SPR dibanding LPR. Karena rata-rata orang Indonesia setelah mendapatkan SPR akan keluar dari perusahaannya dan kembali ke Indonesia.

WAH MAHAL BANGET… SAYA GA ADA UANG GIMANA DONG ?

Bagi teman-teman yang mempunyai kesulitan pada biaya apply LPR atau biaya hidup stay di Singapore selama masa pencarian kerja di Singapore, ada satu konsultan yang bisa dihubungi. Konsultan ini akan membiayai semua kebutuhan apply LPR dan biaya hidup selama di Singapore, termasuk kamar, akomodasi, jasa internet, dan sebagainya. Nama consultant ini adalah IndoFlair. Websitenya http://www.indoflair.com/about_us.htm .Setiap applier akan mempunyai analisa yang berbeda dari IndoFlair, tergantung pada pendidikan dan pengalaman kerja. Hanya perlu diperhatikan dengan seksama persyaratan timbal balik yang diminta konsultan ini, jangan sampai merugikan bagi teman-teman semua.

APA ITU SPR ?

SPR yaitu Singapore Permanent Residance. Untuk mendapatkan SPR setelah mendapatkan pekerjaan di Singapore yaitu melakukan medical check di Singapura. Mereka umumnya akan melakukan pengetesan apakah applicant mempunyai penyakit AIDS atau TBC.

Point penting untuk mendapatkan SPR adalah dengan mendapatkan pekerjaan di Singapura atau membuka usaha di Singapura.

Hak-hak para SPR adalah mereka berhak untuk membeli rumah sederhana (HDB), mendapat tunjangan hari tua (CPF) setelah usia 55 tahun, biaya pendidikan dan medical yang lebih murah dari foreigner, kemudahan untuk apply PR negara lain, dan lain-lain.

BERAPA RATA2x INCOME YANG KITA BISA TERIMA ?

Untuk masalah ini silahkan anda buka link yang saya kasih. Disana sudah ada tinggal dibagi 12 aja. Tetapi cenderung lebih rendah dari survey biasanya.

http://www.robertwalters.com/resourc…/Singapore.pdf

BERAPA BIAYA HIDUP DISANA ?

Rata2x untuk tempat tinggal sekitar $300 – 600. Itu biasanya rame2 kek kost. Tapi kalo mo private kek sewa apartment sekitar $1000. Kalo mo di Condominium yang bs 3 orang gt ya sekitar $ 4000 – 10.000 tergantung besar dan mewahnya.

Makan ya kalo kita masak sendiri bisa ngirit. Kalo makan diluar junk foods gt sekitar $ 3.5 – $10. Cuci Baju kan ada mesin Dry Clean cepat dan ga lecek. Jangan lupa juga ongkos MRT kalo tempat tinggal jauh dr kerjaan. Tetapi usahakan tinggal di tpt yang deket dengan kerjaan. MRT sekitar $1,5 – 5 tergantung jarak.

SUSAH GA SIH NYARI KERJA ? DIMANA SAYA BISA NYARI KERJA ?

Untuk mendapatkan pekerjaan di Singapura, gampang-gampang susah. Kita bisa menyewa Job Agent. Biasanya agen yang menurus LPR juga menawarkan jasa Job Agent. Harga servicenya berkisar S$1500, untuk kira-kira 5-7 kali panggilan interview. Mereka akan memberikan tip membuat CV dengan benar sesuai standar Singapura, cara melakukan interview dengan benar, dan sebagainya.

Untuk mencari kerja anda bisa menghubungi HeadHunter atau Online Recruitment Websites. Nanti akan saya jelaskan lebih lanjut HeadHunter itu apa.

Berikut beberapa website yang bisa membantu anda mencari kerjaan :

1. http://www.jobpilot.com.sg
2. http://www.jobstreet.com.sg/
3. http://www.recruitasia.com
4. http://www.careersingapore.com/home.html
5. http://www.jobasia.com.sg/
6. http://www.jobsdb.com.sg/
7. http://www.jobmaster.com.sg/
8. http://www.singapore-careers.com/
9. http://www.careerzone.com.sg/
10. http://www.jobbank.com.sg/
11. http://www2.jobsite.com.sg/jobsite-singapore.html
12. http://www.careermosaic.com.sg/
13. http://www.9to5.com.sg/

HEADHUNTER ? APA ITU ? GUNANYA BUAT KITA ?

Head Hunter lebih dikenal di kita tuh dengan nama perusahaan outsourcing.
Outsourcing atau alih daya merupakan proses pemindahan tanggung jawab tenaga kerja dari perusahaan induk ke perusahaan lain diluar perusahaan induk. Perusahaan diluar perusahaan induk bisa berupa vendor, koperasi ataupun instansi lain yang diatur dalam suatu kesepakatan tertentu. Outsourcing dalam regulasi ketenagakerjaan bisa hanya mencangkup tenaga kerja pada proses pendukung (non core business unit) ataupun secara praktek semua lini kerja bisa dialihkan sebagai unit outsourcing.

Intinya mereka membantu perusahaan untuk mencari karyawan yang cocok dengan kriteria yang diinginkan Perusahaan.

Agar perusahaan outsourcing yang terpilih benar-benar sesuai dengan kebutuhan perusahaan, harus disusun kriteria evaluasi yang jelas, menyangkut aspek-aspek sebagai berikut:

* Tingkat penguasaan mereka terhadap business process yang akan di-outsource haruslah tinggi, dalam arti kata mereka benar-benar memiliki core competence di bidang tersebut. Biasanya kemampuan mereka ini akan tercermin dalam track record pengalaman mereka melakukan penugasan sejenis di industri serupa pada masa lalu, dan berakhir dengan keberhasilan. Dalam hal ini tidak ada salahnya jika manajemen meminta referensi dari beberapa perusahaan yang pernah menjadi klien mereka.
* Reputasi mereka secara umum dikenal baik di industri, terutama berkaitan dengan produk atau jasa outsourcing yang ditawarkan. Banyak sumber yang dapat dijadikan referensi untuk mengetahui hal itu seperti hasil ranking majalah, company profile, penghargaan yang pernah diberikan, pandangan umum masyarakat bisnis, dan lain sebagainya.
* Metodologi dan pendekatan outsourcing yang mereka miliki sejalan dengan kebutuhan dan strategi perusahaan. Hal ini perlu diperhatikan sungguh-sungguh karena hampir setiap perusahaan memiliki kondisi dan kebutuhan yang unik, sementara tidak semua perusahaan outsourcing dapat melakukan penyesuaian (tailor-made) terhadap produk atau jasa yang dimilikinya.
* Kemampuan mereka dalam memenuhi persyaraatan outsourcing seperti yang diinginkan oleh perusahaan dan tercantum di dalam kontrak, terutama berkaitan dengan aspek-aspek seperti: biaya/harga, sumber daya manusia, produk/jasa yang diharapkan, service level beserta penalty-nya, dan lain sebagainya.
* Stabilitas perusahaan yang melakukan outsourcing perlu pula diperhatikan untuk menjamin bahwa dalam waktu dekat (atau selama durasi waktu perjanjian outsourcing) tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya kebangkrutan, merger/akuisisi, pembekuan usaha, dan hal-hal lain yang berpotensi mengganggu proses outsourcing.

Ingat mereka bukan teman kita. Kalaupun kontrak kita habis dan tidak diperpanjang mereka tidak peduli. Mereka murni cari fee dari perusahaan yang memberi kita pekerjaan. Berharap saja kontrak kita diperpanjang perusahaan pengguna tenaga kita. Atau sekaligus jadi sarana sementara kita buat apply pekerjaan lain.

LIST HEAD HUNTER SINGAPORE

Hudson

Hudson is a leading provider of PERMANENT RECRUITMENT, OUTSOURCED SOLUTIONS and TALENT MANAGEMENT SERVICES. From single placements to total project solutions, Hudson helps organisations achieve greater organisational performance by assessing, recruiting, developing and engaging the best and brightest people for their businesses. Our consultants specialise in one sector to ensure that they understand our clients’ needs and can add maximum value. The result – a responsive, precise account team armed with specialist industry experience.

Phone: 65 6339 0355 Fax: 65 6339 6355
Website: www.hudson.com
————————————————————————–

Ambition Group Singapore Pte Ltd

Ambition is a leading recruitment and contracting group with coverage across Singapore, Hong Kong, China, Australia and the UK. Founded and listed on the Australian Stock Exchange in 1999, the company has become one of the leading players within accounting and finance.

65 Chulia Street, #39-05/06 OCBC Centre, Singapore 049513
Tel: (65) 6854 5600 Fax: (65) 6854 5650
www.ambition.com.sg
————————————————————————–

Beacon Executive Search Consultants

71 Robinson Road, #05-01
Tel: (65) 6429 0690 Fax: (65) 6429 0692
————————————————————————–
BCS Pte Ltd

International Factors Building, 141 Market Street #08-02
Tel: (65) 6227 5915 Fax: (65) 6324 6528
————————————————————————–

Boyden International Pte Ltd

7 Temasek Boulevard #31-03
Tel: (65) 6338 9119 Fax: (65)6338 7117
————————————————————————–

Curriculum Vitae Pte Ltd

10 Collyer Quay #24-02 Ocean Building
Tel: (65) 6236 1967 Fax: (65) 6534 0168
————————————————————————–

Deloitte and Touche HR Consultants Pte Ltd

Pidemco Centre, 95 South Bridge Road #09-00
Tel: (65) 6224 8288 Fax: (65) 6538 6166
————————————————————————–

Drake International Ltd

Temasek Tower, 8 Shenton Way #40-03
Tel: (65) 6225 5809 Fax: (65) 6227 0071
————————————————————————–

Egon Zehnder International Pte Ltd

6 Battery Road #17-01/02
Tel: (65) 62250355 Fax: (65) 62250352
————————————————————————–

Ernst and Young Consultants Pte Ltd

Ocean Building, 10 Collyer Quay #21-01
Tel: (65) 6535 7777 Fax: (65) 6536 3887
————————————————————————–

Gattie Tan Soo Jin Management Consultants Pte Ltd

Shenton House 3 Shenton Way #11-08
Tel: (65) 6225 3188 Fax: (65) 6224 7585
————————————————————————–

GMP Executive Search

1 Scotts Road #22-01 Shaw Centre
Tel: (65) 6834 0055 Fax: (65) 6733 0700
www.gmp.com.sg
————————————————————————–
IT Consultancy and Services Pte Ltd

7A Aliwal Street Chenn Leonn Building
Tel: (65) 6291 8997 Fax: (65) 6291 9663
————————————————————————–
Ken Clark International Pte Ltd

20 Raffles Place #14-01
Tel: (65) 6533 1969 Fax: (65) 6533 5295
————————————————————————–
KPMG Consulting Pte Ltd

Hong Leong Building 16 Raffles Quay#22-00
Tel: (65) 6220 7411 Fax: (65) 6225 0984
————————————————————————–

Korn Ferry International Pte Ltd

50 Raffles Place #28-06
Tel: (65) 62243111 Fax: (65) 62243384
————————————————————————–

Michael Page International Pte Ltd

80 Raffles Place #17-20
Tel: (65) 6533 27777 Fax: (65) 6533 7227
————————————————————————–

TMP Worldwide

7 Temasek Boulevard #08-01 Suntec Tower One
Tel: (65) 6339 0355 Fax: (65) 6339 6355
————————————————————————–

PriceWaterhouseCoopers Management Services Pte Ltd

8 Cross Street #17-00 PWC Building
Tel: (65) 6236 3388 Fax: (65) 6236 4085
————————————————————————–

Robert Walters Pte Ltd

6 Battery Road #11-06
Tel: (65) 6538 3343 Fax: (65) 6538 0332
————————————————————————–

Sanford Rose Associates

78 Shenton Way #05-02 MCL Land Building
Tel: (65) 6223 1088 Fax: (65) 6223 7388
Search@sandfordrose.com.sg
This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it
————————————————————————–

Talent Ventures Pte Ltd

583 Orchard Road Forum #16-01 T
Tel : (65) 6834 9309 Fax : (65) 6235 6768
————————————————————————–

The Consulting Partnership Group

133 Cecil Street #17-03 Keck Seng Tower
Tel: (65) 6224 7600 Fax: (65) 6221 1682
————————————————————————–

The Search Connection

20 Maxwell Road #04-01B Maxwell House
Tel: (65) 6224 9838 Fax: (65) 6224 9620
————————————————————————–

Transearch International Partners

5 Shenton Way
UIC Building #10-02
Tel: (65) 6227 8211 Fax: (65) 6227 2676
————————————————————————–

Semoga Informasinya bermanfaat buat yang mau coba kerja di Singapore. Dan segera memperoleh pekerjaan. Ingat mengkalkulasikan dengan benar antara peluang dan income yang kemungkinan bisa didapat. Disana pendapatan minimum sekitar $1200 – 1500 utk kerjaan sederhana.

Thanks @Fendy

9 Comments

  1. […] Original post by cuver […]

    Pingback by Info utk Kerja di Singapore : businessuu — August 29, 2008 @ 10:32 am

  2. Nice blog ! Berguna banget bagi orang yang mau bekerja di Singapura. Just for information, sekarang apply PR sangat mudah prosesnya, karena saat ini Singapura sangat membutuhkan tenaga kerja asing ( di tambah akan di bukanya IR ). Bisa kita liat dari jumlah orang yang mengajukan permohonan PR, jumlahnya mencapai 200-300 orang per hari. Kunjungi website saya untuk tanya2 masalah tinggal & bekerja di Singapura.

    Comment by Irene — September 16, 2008 @ 7:24 am

  3. haloo.. saya baca2 disini mengenai info unuk mencari kerja sangat menarik sekali dan thanks atas sharing infonya.
    tertarik sekali untuk bisa mencai kerjaan yang lebih baik dari di indo, saya ingin bertanya apakah ada info untuk kerja di canada??

    thanks atas sharingnya ya

    Comment by Margaret — September 22, 2008 @ 7:10 am

  4. Haii…saya dapat pekerjaan di Singapore. Di sebuah restauran sebagai accounting staffnya. Perusahaan ini sebetulnya milik orang Indonesia, tapi dia tinggal di Singapore. Saya belum pernah ke Singapore. Saya masih awam. Saya ingin tahu, kira2 dalam permitt kerja or perjanjian kerjanya, apa ya yang harus diperhatikan/jelas? Terus kalo saya boleh tahu standard2nya gmn ya? Apakah disana org Indonesia yang sudah ada pengalaman disamakan dengan fresh graduate or pengalaman kerja (di Indonesia) tetap dipertimbangkan?
    Trus kalo misalnya perusahaan sudah memberi fasilitas tempat tinggal, lalu biaya2 yang harus ditanggung apa saja? Misalnya biaya bulanan PDAM, listrik, or apa saja yaa…trus yang menanggung siapa? perusahaan or kita sendiri/pegawai.
    Trus , bagaimana sistem bank di Singapore? saya ingin buat account disana untuk simpan salary saya. Apakah beda dengan Indonesia? Dikenakan biaya apa saja? terutama buat foreigner.

    Terima kasih banyak atas sharingnya

    Comment by Kekek — September 25, 2008 @ 8:50 am

  5. Aduh mbak n mas yg minta sharing… saya cuman dapet sharingan juga di internet dan saya save aja sebagai referensi saya di masa depan.. siapa tahu juga berguna buat rekan-rekan lain😀

    Comment by cuver — October 4, 2008 @ 1:39 am

  6. ini saya mau tanya, saya pernah overstay di jepang, trus saya di black list dari jepang setaon doank, apakah ada kemungkinan saya masih dapat lpr dari singapore? soalnya udah saya apply, dan di kertas apply di tulis apakah anda pernah di prohibited datang ke suatu negara? dan saya jawab iya. tapi udah 2 bulan lebih dikit saya aplly,masih kaga ada kabarnya, bikin deg2an aja neh………….. kira2 masih bisa dapet ga yah?

    Comment by geminy — November 20, 2008 @ 12:50 pm

  7. Mantep banget infonya.. Izin bookmark…

    Comment by - s L i K e R s - — January 21, 2009 @ 7:37 am

  8. Hi,

    saya pernah ngajukan LPR 2bulan lalu ditolak. terus gimana ya unutk dapet kerja disana. neen advise donk, karena pengen bgt kerja disana.

    Comment by shan — April 12, 2009 @ 8:42 am

  9. hi all, kalo ada yg mau proses LPR, JOB , STUDY , or sekedar mau TRANSLATE + LEGALISIR NOTARIS nisa contact saya di 081319713982 or kezia_orchid@yahoo.com.au

    Comment by ivy kezia — April 30, 2009 @ 5:19 am


RSS feed for comments on this post.

Sorry, the comment form is closed at this time.

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: